Monday, September 9, 2013

Ayam Masak Kecap














Menu andalan yang digemari sama anak anak, bikinnya juga ga pake ribet dan bisa disambi jualan baju online qiqiqiiikkkk, masakan ini sederhana dan rasanya enak aja tapi ga terlalu woowww banget yaa biasa aja dehh karena bahan bahannya juga simple dan ga banyak, tapi aku suka dan lebih berasa enak lagi kalo ayam ini dah diangetin 1 atau 2 kali kecapnya berasa menyerap banget ke ayamnya. Ayam masak kecap ini selain manisss juga berasa juicyy gitu deh rasa ayamnya. Biasanya aku bikin ayam goreng kecap kalo berencana piknik keesokan harinya, ga menguras tenaga dan waktu jadi bisa juga disambi bikin kue kue kecil buat cemilan dijalan cihuuyyyy banget deh, dan yang terpenting kaka sama ade lahap makannya kalo dimasakin ayam goreng kecap ini, mungkin bosen kali ya sama ayam goreng biasanya. Dahh gitu yang aku suka dari resep satu ini adalah irit minyak lhooo beneran aku masaknya ga pake minyak sama sekali, tapi masaknya pake Happycall yaaaa bukan bermaksud promosi lhoo, mungkin kalo pake wajan penggorengan biasa tetep pakai minyak meski cuma sedikit ya biar ga lengket dan ga gosong bawangnya.

Ayam Goreng Kecap pakai Happycall

Bahan :
1 ekor ayam, potong 8-10 bagian
1 jeruk nipis ukuran sedang, peras ambil airnya
2 siung bawang bombay ukuran sedang, iris tipis dan memanjang
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Kecap manis secukupnya, bunda pakai Kecap Bango donkk

Cara :
  • Lumuri ayam dengan garam dan air perasan jeruk nipis, aduk rata kemudian diamkan kurang lebih 30 menit, biasanya bunda masukkan ke kulkas dulu
  • Susun ayam di happycall dan masak dengan api kecil sampai ayam beraroma harum dan empuk, biasanya hingga airnya habis, kalo lagi buru buru biasanya airnya bunda buang aja sebagian biar cepet
  • Masukkan irisan bawang bombay dan taburi dengan lada bubuk, tutup kembail happycall dan masak lagi kurang lebih 15 menit hingga bawang bombay layu dan harum.
  • Masukkan kecap manis sesuai selera, kalau ingin ada kuahnya ya kecapnya harus banyak yaa.
  • Masak lagi kurang lebih 5 menit, angkat dan sajikan
  • Mudah dan simple yaa? Selamat mencoba



No comments:

Post a Comment