Sunday, September 22, 2013

Ayam Bacem Goreng

















 Lens Aperture F/2.7, Shutter speed 1/10, ISO-80

Bacem salah satu metode mengolah masakan khas Jawa, aku paling seneng masak bacem karena rasanya manis dan enaakkk, kalo ayam dibacem biasanya aku refer ke resep resep yang berseliweran digoogle ada juga yang nyebutnya Ayam Goreng Kalasan, entah sama ato engga tapi yaa resep ayam goreng kalasan itu kayak bacem menurutku. Beberapa kali aku nyoba resep ayam goreng kalasan tapi belum ada yang berasa sreg dilidahku, pengennya hasilnya kayak ayam goreng prity favorit aku yang deket kantor lama, ayam goreng yang dibacem rasanya pas manisnya dan empuk. Pas kemarin lagi buka buka arsip resep di DapurMasak aku nemu resep ini kata mba Enni Faizah yang posting resep dia dapet resep itu dari temennya yang sodaranya salah satu pemilik restoran terkenal di Yogya (thanks for sharing ya mas/mba temennya mba Enni), waahhh kalo dah terkenal pastinya enakk donk ya, kata mba Enni Faizah hasilnya maknyusss enak mantap, trus pas aku liat keterangannya udah ada 3 orang yang recook  nyobain resep ini, dan semuanya kasih testimoni mantaabbb. Jadi penasaran donk ya pengen coba siapa tau beneran resep ini yang selama ini aku cari. Pertama cobain resep ini aku masak 5 ekor ayam karna kebetulan ada orderan katering dari mba Eri mahasiswa President Univ. salah satu customer aku. Capekkk gilaa nihhh ngulek bumbu segitu banyaknya bayangin aja kalo diresep tertulis 6 siung bawang merah untuk 1 ekor berarti aku harus ngulek 30 siung bawang merah, belum lagi bawang bawang lainnya hahaha....., sengaja aku ga pake blender karena pengen cobain yang alami, alami cara masaknya qiqiqiqikkkk jadoell, sayang juga sihh ngeluarin blendernya. Aku kemarin masaknya ga sampai sat airnya karna ga keburu mendadak banget orderannya, jadinya masih ada sisa air bacem sepanci aku beliin ayam lagi 1 ekor buat dibacem lagi, ketagihan ceritanya, sayangnya kemarin ga sempet bikin sambel terasinya karna ga keburu juga siyy hikss sayangg banget padahal kalo dikateringnya dikasih sambel pasti mantabb banget nih makan ayamnya. Capeknya terbayarkan setelah aku coba goreng ayamnya, rasanya enaaakkkkk! maknyusssss sukaaa bangett deh mirrrriiippppp banget sama ayam goreng prity yang biasa aku makan yippyyyyy akhirnya ketemu juga nihh resep yang selama ini aku cari, malesnya penggorengan jadi kotor banget dan lengket sana sini ngebersihinnya susahhh.
Alhamdulillah ini bakal jadi resep andalan aku dalam dunia perbaceman, perbedaan mendasar resep bacem ini dibanding resep bacem lainnya adalahhh..... apaa yaaaaa ahhh cari sendiri yaa liat aja resepnyaaa, ini dia :

Ayam Bacem Goreng
source : temennya Enni Faizah

















Lens Aperture F/2.7, Shutter speed 1/13, ISO 100
  • Daging Ayam, cuci bersih 500 gram
  • Bawang Merah6 buah
  • Bawang Putih3 gram
  • Kemiri6 butir
  • Daun Salam2 lembar
  • Lengkuas, digeprak3 cm
  • Gula Merah100 gram
  • Garam1 sendok teh
  • Kecap Manis6 sendok makan
  • Air kelapa750 ml
  • Minyak Gorengsecukupnya

 Cara Membuat


Langkah 1
Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri.

Langkah 2
Masukkan air kelapa, daging ayam, daun salam, lengkuas, gula jawa, kecap manis, garam dan bumbu halus ke dalam panci. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api dan masak hingga airnya hampir habis. Dinginkan.

Langkah 3
Goreng dengan minyak yg agak banyak, hingga agak kering. Sajikan dengan nasi hangat, lalapan dan sambal trasi.

3 comments:

  1. kalo aku biasanya pake ketumbar n gak pake kemiri...bahan lain sama....air kelapanya yang bikin manteeebbb....legiiitttt......sukses ya maknyak...."teman masa kecildi kota kecil" siapa hayoooo....

    ReplyDelete
  2. Wehhh ada Namaku di sini ... xixixiii .. enak mantap kan mbak rasanya, aku sendiri pertama kali nyoba juga merasa mendapat sesuatu yg WOWWW .

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tanya dong bedanya bacem dan kalasan apa ya

      Delete