Tuesday, August 20, 2013

Serabi Solo ala Mba Yun

Lebaran kemarin aku sempetin main kerumah Mba Yun adenya papa yang tinggal di Petarukan, harusnya manggilnya tante yaa ato bulik tapi aku manggilnya malah Mba, secara dulu mba yun yang slalu ngelonin aku kalo mau tidurr jadi dah kayak kakak ama ade aja rasanya. Masih ingett dulu serriingg bangett gangguin mba Yun kalo ngobrol sama temennya sampe larut malem, aku ga bisa tidurr kalo sendirian hahahahaaaa atuttttttt abis jendela kamar pas banget kebon siyyy. 
Mba Yun sekarang dah cukup dikenal lhoo dimasyarakat Petarukan sebagai pedagang kue tradisional yang enak lhoo (promosiiiiiiii............numpang iklan), ga tau tuhh darimana dapet ilmunya tau tau dah berkembang aja usahanya, dah punya banyak pelanggan dan punya banyak resep andalan, dah bisa bikin macem macemm jajanan pasar termasuk serabi solo boooo, tapi emang paling banyak orderannya ya kue tradisional, saluuuuttttt sama bulikku yang satu ini. Mba Yun anaknya 4 cowo semua yang paling gede Abdurahman aku manggilnya si Durr hehe jago banget bikin kue tradisional, dia yang sering bantuin mba Yun kalo ada orderan kue, Awalnya Mba Yun cuma spesialis Lapis Beras tapi lama lama aneka kue dijabanin xixixixieeeee makanya dah lama banget kalo pas mudik aku pengennnnn banget mampir kerumahnya buat berguru aneka jajanan pasar, alhamdulillah lebaran taun ini kesampean next time aku mau berguru kue Lapis Berasnya hehe, pas aku kerumahnya Mba Yun lagi sibuk bikin snack box buat acara reuni salah satu SD di Petarukan, jadinya aku  bantu2 dulu packing snackbox biar bisa cepet praktekin bikin serabi Solo, secara bikin serabi Solo kan cukupp makan waktu lumayan lama. Cara bikin pinggiran serabi yang kreyess kreyess juga yang ngajarin si Durr, sampai adonan abiss kuenya cuma jadi beberapa puluh biji doank hahahahaaaa si kaka Faqih maen sambil mondar mandir comotin serabinya sihh hhhfffff........... palagi ade Afkar doyaannnnn bangett sekali makan sampe abizz 4 biji wkwkwkwk.....doyannn apa laperrr dee......
Serabi Solo ala Mba Yun ini rasanya enak, tapi menurut aku ko agak mirip sama kue apem ya, mungkin karna aku ngediemin adonannya kelamaan kalii jadinya adonan dah keburu ngembang banget dan jadinya berasa raginya kayak kue apem, next time aku coba lagi dirumah. Oya tips dari si Durr adoninnya harus pake tangan kalo pake sendok ato kocokan telor jadinya kurang cantik..hhhmmm....masa siyy jadi penasaran pengen coba bikin ngaduknya pake sendok, apa bedanya dan apa ngaruhnya yaa? kalo belum dicoba kan ga bakalan tau ya nggaaaaa?  Kalo hasil browsing siyy emang komposisi resepnya mirip sama resepnya mba Yun, ada lagi yang kalo dah setengah mateng serabinya disiram sama santan kanil ato santan kental, jadi tambah gurihh enaakkkk, ini dia resepnya ya.

Serabi Solo
Source : Mba Yun




Bahan :
400 gr Tepung Beras Rosebrand (merk ini recomended by mba Yun, aku ga tau dehh apa karna emang ngefans berat sama merk ini ato karna dapet komisi sponsorr hahahahaaa)
100 gr tepung kanji
1 gelas belimbing gula pasir, mungkin skt 250gr, belum sempet ngukur
3 btr Telur ayam 
1 ltr santan kental matang dan gurih (maksdnya merebus santannya dipakein garam yaa sama pandan)
1 bungkus Ragi instan yest
Garam secukupnya

Cara membuat :
Campur semua bahan kering diwadah, aduk hingga merata
Buat lubang ditengah tengah adonan, masukkan telur sambil diaduk merata menggunakan tangan
Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk aduk hingga santan habis
Terus aduk adonan sambil dikeplok-keplok hingga adonan sudah terlihat halus (kurleb 20 menit)
Kemudian diamkan adonan sekitar kurang lebih 30 menit
Segera cetak serabi satu persatu hingga adonan habis, jika ingin menambahkan topping maka ketika serabi sudah setengah matang, segera taburkan topping ke atas serabi, tunggu hingga serabi matang
Hasil Jadi : kurleb 40 pcs ukuran sedang.














ini cetakan yang dipakai Mba Yun, ga pake cetakan tanah liat tapi pake penggorengan teflon yang cekung dan pake tutup.

No comments:

Post a Comment