Monday, July 15, 2013

Ayam Kalasan Bakar Kecap




Bosenn ya sama menu masakan ayam yang itu itu ajahh digoreng lagi digoreng lagi, sama banget dehh serumah juga lagi pada bosen makan ayam goreng yang itu itu ajahh, jadinya bunda sebagai ibu yang kreatif dan inovatif wkwkwkkkk....coba cari solusi buat bikin masakan ayam yang praktis dan enakkk, jadii setelahh sukses dengan gurame bakar minggu lalu, bunda coba cari resep ayam bakar maknyoss, ketemu sama resep ayam bakarnya pak Sahak Pribadi yang diposting sama bu Lisa Basuki , resep ini simple banget dan agak lain komposisinya dari resep ayam bakar kecap lainnya, makanya bunda penasaran pengen cobain ternyata emang beneran enakkk, menurut bunda rasanya mirippppp banget sama ayam goreng pritty, cuman ayam goreng pritty ko bisa empukk banget ya hhhmmm.......musti cari tau nihh gimana caranya. Resep ini bisa untuk nyetok masakan ayam buat yang suka males bolak balik masak jadi bisa disimpen dikulkas trus kalo mau makan tinggal dibakar dehh yyuummmmm enakk bumbunya berasa banget, cuman karna bunda bakarnya pake happycall jadinya gosongnya ga merata dan masih ada yang agak basah gitu hehe..... ga telaten ngebakarnya, mungkin kalo telaten meskipun bakar pake happycall hasilnya tetep bagus kali. Resep ini bakalan jadi andalan bunda nihh kalo anak anak lagi pengen ayam bakar hehe lumayan dari pada beli ayam bakar mateng 50rb cuma dapet 5 potong kecil, kalo masak sendiri lebih hematt. yukkkk dicoba
Fotonya bunda belum punya karna abis masak dah keburu kecapean jadi pas mau difoto dah keburu ludes tinggal cekernya doank hahahahaaa..................
Fotonya pinjem punya bu Lisa ya (bu Lisa yang cantik ijin share fotonya yaa, thanks), nanti kalo kesempetan fotoin ayam bakarnya bunda ganti fotonya pake punya sendiri, janjiiii hehe.


AYAM KALASAN BAKAR KECAP
Ala Pak Sahak Pribadi, Modified by Lisa Basuki



Bahan :

1 ekor ayam ( 1kg ), potong 8. Untuk ayam kampung, potong 4 aja...
2 bh jeruk nipis, ambil airnya
6 lbr daun jeruk purut
6 lbr daun salam
10 sdm kecap manis
1 sdt chicken powder
1 sdt lada halus
2 bh jeruk limo, ambil airnya

Bumbu yang dihaluskan :

10 btr bawang merah
8 btr bawang putih
10 btr kemiri
1 sdm garam
25 gr gula merah
1 ruas jahe

Cara Membuatnya :
  • Cuci bersih ayam, lumuri air jeruk, diamkan 10 menit
  • Bilas ayam, tiriskan
  • Susun daun salam dan daun jeruk dalam wajan sebagai alasnya ayam
  • Campur bumbu halus dengan chicken powder, lada, dan kecap dalam satu wadah/baskom
  • Celup sebagian ayam dalam baskom bumbu.

  • Angkat dan susun sepotong demi sepotong dalam wajan. Dimulai dari bagian paha bawah, paha atas dst ( bagian yang agak keras dibagian dasar, sedangkan yang mudah lunak dibagian atas, untuk menghindari dagingnya hancur )

  • Nyalakan kompor, masak dengan api kecil sampai ayamnya mengeluarkan air.


  • Korek bagian bawahnya sesekali supaya tidak gosong didasar.
  • Setelah ayam yang dibawah agak matang, balik posisinya, yang diatas menjadi dibawah.
  • Masak terus sampai semua ayam matang dan bumbu benar-benar meresap dan kental ( kurleb 1 jam )
  • Masukkan air jeruk limo, aduk rata dengan hati hati
  • Siap dibakar diatas bara arang, atau didalam oven, sambil dioleskan sisa bumbunya.



2 comments:

  1. mbak, ini gambarnya nyolong dr blog mbak lisa basuki ya?.

    ReplyDelete
  2. ngga nyolong koq, kan di atas udah minta ijin share gbrnya :)

    ReplyDelete