Thursday, February 24, 2011

Donat Kentang

Salah satu cemilan favorit ayah sama si kaka, kalo bunda bikin 1/2 resep hasil jadi kira kira 20 biji separo dibawa ayah buat bekal ngantor separo lagi buat cemilan kaka dirumah dalam sehari langsung abees ludesss. Resepnya gampang ga pake acara banting banting sampai keringetan kayak umumnya orang bikin donat kalo kata kaka Faqih kuenya dimarahin xixixixixiee tapi donatnya tetep empuk menul menul meski cuman diremez remez doank mantapp deh.

Fotonya pake hape jelekk ya? ahh biarin aja deh yang penting donatnya enak ko liat aja penampakannya menul menul bikin gemez pengen nyomot hehe narsis , yukk dicoba

Donat Kentang
by Fatmah Bahalwan


Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
200 gr kentang kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula pasir
75 gr mentega
1/2 sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuat :
Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instan, aduk rata, masukkan kentang halus, tuang telur, dan air dingin, ueni hingga rata dan setengah kalis.
Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis, istirahatkan 15 menit.
Bagi adonan masing masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit hingga mengembang.
Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat tiriskan. Taburi gula donat atau hias dengan coklat.


Hasil jadi : 40 buah (bunda pake masng2 adonan 30 gr)

No comments:

Post a Comment