Wednesday, January 6, 2010

Kue Kamir



Kue keluarga Arab ini banyak sekali dijumpai di Pemalang tepatnya di Kampung Arab mungkin saking mudahnya kue kamir ini dijumpai di Pemalang jadi seolah-olah ato memang sudah jadi kue khas Pemalang, duluuuuu banget jamannya bunda masih sekolah di kota kecil nan nyaman ini bunda sering beli Kamir langsung dari pabrik kamir di kampung Arab ini, kuehnya enak banget kalo dimakan anget2 sambil minum teh rasanya enak, legit dan kenyanggggg. Meski sering makan kue kamir dan bertahun-tahun tinggal di Pemalang bunda ga pernah tuh kepikiran gimana cara bikinnya hihihi maklumlah saking mudahnya mendapatkan kue kamir ini, tapi setelah bunda lama ga tinggal disono lagi baru kepikiran euyyy gimana ya cara bikin kueh kamir ini hahahaha... basi banget ya.
Kebetulan kemaren bunda mudik ke Pemalang setelah bertahun-tahun ga pernah mudik sampe-sampe bunda ga tau tuhh kalo jalan Pantura dah dibikin 2 jalur terpisah, trus pintu tol di Cirebon ga cuman tol Kanci doank hahahahaa... basi lagi dwehhhhh. Bunda sempetin beli ule-ule kue Kamir ini di bu Iis di Kampung Arab, buat dibagiin tetangga sisanya abis dwehh dimakan Faqih qiqiqiqieeee kayaknya darah Pemalangnya kuatt banget deh soalnya doyan banget makan Kamir sama sruputt teh poci manis anget hehehe........Bingung ule2 buat anak2 dikantor dah abis hhmm ya udahlahh mungkin ini saatnya bunda cobain bikin kue kamir sendiri qiqiqieee pppsstttt jangan bilang2 ya kalo ule2nya bikin sendiri hahahaha...tar pada ngambek hahahaha...dasar bakul kueh sampe ule2 ajahh bikin sendiri hahahahaha....sorry ya frensss soalnya kalo bawa kamir aslinya tar keburu basi dah kelamaan lha wong bunda dah beli kamir banyak ee ga taunya keabisan bis ga dapet tiket lagi ya terpaksa dehhh kamirnya ga nyampe kantor, tapi tenang aja kamir bikinan bunda ini beda tipiss lhoo sama kamir asli Pemalang, sama enak dan legitnya hahaha...narsis dehhh.
Buat wong Pemalang dan sekitarnya dan yang kangen pengen makan Kamir, silakan dicoba resep ini dirumah ya

Kamir
by Fatmah Bahlawan



Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
250 gr gula pasir
250 gr tape singkong
100 gr margarin leleh
1 btr telur
½ sdm soda kue
½ sdt garam
Air matang secukupnya.

Cara membuat:
  1. Bersihkan tape dari seratnya, campur dengan gula pasir, remas-remas. Sisihkan.
  2. Cairkan soda kue dengan sedikit air, sisihkan.
  3. Dalam wadah tuang tepung terigu dan bahan lainnya, uleni perlahan dengan telapak tangan terbuka.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan kental dan lembek. Diamkan selama 9 jam.
  5. Panaskan cetakan Khamir, poles dengan mentega, tuangi 1 sendok sayur adonan.
  6. Biarkan hingga terlihat bersarang dan matang bagian bawah, balik, teruskan masak hingga matang. Tes tusuk bila perlu. Angkat.

10 comments:

  1. suwun Mba resepnya...aku juga dr Comal gede di tegal, jd sering makan kamir jugak.
    sayang blm punya cetakannya nih...kmrn pas di Tegal pgn beli ga keburu.

    ReplyDelete
  2. hhmm tinggalnya dimana? kemaren aku beli cetakan di pasar Kranji Bekasi, murahh cuman 15 rebong mba, ukurannya lebih kecil siyy dari kamir yg biasa dijual di Pemalang, lubangnya isi 7

    ReplyDelete
  3. q mau jadiin kue khamir untuk tambahan income .. d cilacap kbetulan lom ada tuh kue yg beginian ... q terinspirasi dari martabak mini yg laris manis di kota ini .. eh kebetulan q prnah tinggal d Tegal ...jd inget deh ma kue khamirnya ... ah coba2 ... syapa tau laku .. eheheh .. doain ya

    ReplyDelete
  4. hahahaaa... baru baca niyy sorry ya, ya ta doain biar kue khamirnya larizz manizz......
    tar kirim ya ke BCH hehehe

    ReplyDelete
  5. Terima kasih resep bikin kamirnya.

    Entah siapa yang nyontek siapa, tapi ada blog orang yang cara buat kamirnya sama persis dengan Bunda Faqih. Bahkan tidak beda walau sehuruf pun.

    Ngomong ngomong yang komentar disini family-namenya kok sama semua ya... SAID (nama arab) xi xi xi xi garing....

    ReplyDelete
  6. ule2 maksudnya oleh oleh ya Bumda? pertama baca saya bingung apa itu ule2...saya pikir uleq2

    ReplyDelete
  7. ass...tolong info nya dong ko setelah di cetak kue nya ko hasil nya di dalam nya jue nya tidak bersarang (bantet)kali hehehe,,tolong info nya dong,,makasih...trims

    ReplyDelete
  8. wa alaikumsalam
    mungkin tapenya kurang bagus ya maksdnya kurang mateng gitu trus waktu fermentasinya gimana dah sampe 9 jam?

    ReplyDelete
  9. Waktu fermentasi boleh di taro dalam kulkas ga???. Kalau ditaro di suhu ruangan basi ga???

    ReplyDelete
  10. biasanya pas fermentasi ditaro di suhu ruangan aja tuh dan besoknya ga basi ko kan ga pake santan, mungkin kalo pas fermentasinya sebaiknya jangan dikulkasin dulu ya tar kedinginan jd bantet deh tapi kalo dah lewat masa fermentasinya bisa kali ya ditaro dikulkas belum pernah coba euyy

    ReplyDelete