Wednesday, November 18, 2009

Soes Mangkok Strawbery



Udah lama banget pengen bikin soes buat ikutan Soes Week, kebetulan ada buah strawbery kesukaan Faqih yang biasa buat cemilan Faqih, biasanya dimakan utuh kayak makan kacang goreng padahal rasanya kan asem ya? tapi Faqih suka banget lho, hhmm... bikin soes model apa yahh daripada kelamaan mikirrr yo weeiissslahh bikin aja soes yang dicetak dicetakan pie trus dikempesin kyk mangkok deh trus dikasih vla plus strawbery segar kesukaan Faqih. penampakannya kayk gini, masih berantakan ya hehehe.... cusyahh banget ngelepas dari cetakannya lengggkeettt, kapan2 deh bikin lagi. Kulit soes yang lembut dan crunchy ditambah vla yang super lembutt dan pas digigit berasa buah strawbery segar yang asem seger hhhm mo coba? hayukk kesini ajah masih banyak tuh masih anget hehehe....
Pengen coba bikin sendiri? ini resepnya :

Bahan Mangkok :

  • 1 ons Mentega
  • 130 ml air
  • 110 gr tepung terigu
  • 3 butir telor

Cara membuatnya sama kayak membuat soes biasa ya, cuman kl udah mateng dikempesin ampe kempess pesss biar kayak mangkok yah syukur-syukur dah kempes sendiri jadi nilai plus tuhh hehehe.... ngeless.
Caranya :
  • Mentega plus air direbus sampai mendidih
  • Tuang terigu dan aduk secara cepat sampai kalis, angkat dari api, angin-anginkan sampai dingin
  • Masukkan telor satu persatu sambil diaduk rata dan dikira-kira kalo adonannya dah cukup kekentalannya pakai telornya 2 aja juga gapapa.
  • Cetak di atas loyang disuhu panas kira-kira 200 C sampai matang.Taunya matang kalo buih-buihnya dah ilang dan warnanya kuning agak kecoklatan.

Bahan Vla :
  • 400 cc susu cair (susu UHT punya Faqih hihihi)
  • 50 gr gula kastor
  • 2 btr telor
  • 30 gr maizena
  • 1 sdm mentega
  • kurleb 50 cc fresh cream

Cara memebuat vla :
Kocok lepas telor, dan dipancing dengan sedikit susu, aduk rata, sisihkan
Campur sedikit susu kedalam maizena, aduk rata dan sisihkan.
Masak susu dan sisa bahan aduk hingga mendidih, masukkan bahan2 campuran susu yang sudah disisihkan secara pelahan, dan aduk cepat supaya merata. Setelah mendidih angkat dan dinginkan.
Vla siap dicentong kedalam mangkok
Ciihuuyyy siap dinikmati.








No comments:

Post a Comment